Home > Mancanegara

Mayor (Purn) AHY Kecam Militer Israel Serang Pasukan UNIFIL

Kita menuntut investigasi segera dan meminta IDF untuk bertanggung jawab penuh atas tindakan ini.
Mayor (Purn) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat menjadi pasukan perdamaian dunia. Sumber: Seputarmiliter.id
Mayor (Purn) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat menjadi pasukan perdamaian dunia. Sumber: Seputarmiliter.id

JAKARTA -- Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengecaman tindakan militer Zionis Israel (IDF) yang menyerang pasukan UNIFIL di Naquora, Lebanon Selatan pada Kamis (10/10/2024) pagi waktu setempat. Serangan Israel melukai dua prajurit TNI yang sedang bertugas atas nama Pratu Eggy Arifiyanto dan Praka Nofrian Syah Putra.

"Saya mengecam keras serangan IDF terhadap pasukan penjaga perdamaian PBB di Lebanon Selatan, yang menyebabkan dua prajurit TNI terluka. Serangan ini adalah pelanggaran serius terhadap hukum humaniter internasional dan Resolusi DK PBB 1701," kata AHY dikutip di Jakarta, Sabtu (12/10/2024).

Menurut peraih Adhi Makayasa Akmil 2000 tersebut, pasukan UNIFIL bekerja atas mandat Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB). Sehingga, Israel tidak bisa seenaknya melakukan invasi ke negara lain, apalagi sampai menyerang UNIFIL.

"IDF harus menghormati pasukan UNIFIL dan wilayah PBB yang tidak dapat dilanggar. Kita menuntut investigasi segera dan meminta IDF untuk bertanggung jawab penuh atas tindakan ini," ucap AHY.

Dia pun mendoakan personel TNI yang masih bertugas di Lebanon bisa tetap aman dan selamat. AHY pun mendoakan agar wilayah Lebanon dan Timur Tengah bisa damai tanpa ada peperangan.

"Sebagai mantan Pasukan Penjaga Perdamaian yang tergabung di Kontingen Garuda XXIII-A UNIFIL, saya merasakan betul situasi di sana. Untuk itu, doa dan dukungan saya panjatkan untuk seluruh pasukan UNIFIL, khususnya prajurit Indonesia, agar senantiasa dikaruniai perlindungan dan kekuatan dalam menjalankan tugas mulia untuk menjaga perdamaian dunia," ujar AHY.

× Image