Home > Umum

Video Lama Viral Lagi, Gus Muwafiq: Malaikat Jibril Capek Beri Wahyu ke Nabi Muhammad

Menurut Gus Muwafiq, Malaikat Jibril mencengkeram Nabi Muhammad kala menyampaikan wahyu.
Pendakwah Nahdlatul Ulama (NU) KH Ahmad Muwafiq alias Gus Muwafi.
Pendakwah Nahdlatul Ulama (NU) KH Ahmad Muwafiq alias Gus Muwafi.

JAKARTA -- Cuplikan ceramah pendakwah Nahdlatul Ulama (NU) KH Ahmad Muwafiq alias Gus Muwafiq kembali viral. Hal itu setelah pidato Gus Muwafiq terkait perjalanan Nabi Muhammad SAW mendapatkan wahyu, viral di media sosial (medsos). Hanya saja, berdasarkan penelusuran penulis, video itu termasuk lama, namun diviralkan kembali. Video itu sudah diunggah pada 2019 atau sebelum masa pandemi.

Dalam ceramahnya yang membuat warganet geger, Gus Muwafiq menyebut, Nabi Muhammad SAW kesulitan mengajak penduduk Arab untuk mengenal Allah. Setelah itu, Rasulullah juga berlari ketika bertemu Malaikat Jibril saat keduanya bertemu di Gua Hira dalam proses penyampaikan wahyu.

"Karena orang Makkah gak ngerti caranya. Wong Nabi sendiri juga gak ngerti. Nabi ini jadi Nabi gak ngerti didatangi Malaikat Jibril lari. Ada malaikat Jibril lari lagi. Malaikat Jibrilnya capek, kalau orang ini lari terus kapan tak kasih wahyu," kata Gus Muwafiq mengilustrasikan proses Nabi Muhammad menerima wahyu dari Malaikat Jibril dikutip di Jakarta, Sabtu (26/3/2022).

Karena Nabi Muhammad SAW terus lari, menurut Gus Muwafiq, Malaikat Jibril pun mencengkeramnya. "Iqro," ucap Jibril.

"Aku gak bisa baca," kata Nabi dituturkan Gus Muwafiq.

"Iqro," kata Jibril mengulang.

"Ga bisa baca," ucap Nabi Muhammad.

"Iqro," ujar Jibril memerintah.

Lantaran begitu terus, kata Gus Muwafiq, Malaikat Jibril merasa capek lantaran Nabi Muhammad diminta membaca Alquran tidak kunjung bisa.

Kemudian, sambung dia, Nabi Muhammad lari bertemu istrinya Siti Khadijah. Nabi yang belum tahu bahwa baru saja bertemu Malaikat Jibril melaporkan peristiwa yang dialaminya kepada Siti Kadhijah. "Dibawa Siti Khadijah cari dukun, ketemu dukun paling hebat Waraqah bin Nufail. Waraqah berarti sepupu Khadijah," kata Gus Muwafiq.

Sontak saja, cerita perjalanan Nabi Muhammad mendapatkan wahyu dengan cara tersebut yang disampaikan Gus Muwafiq membuatnya panen kecaman. Banyak warganet tidak terima dan mempertanyakan sumber kebenaran cerita tersebut. Apalagi, ada beberapa media yang memberitakan cuplikan ceramah tersebut yang sebenarnya video lama.

× Image