Home > Nasional

Prabowo Gunakan Bahasa Prancis Ketika Ditelepon Presiden Emmanuel Macron

Presiden Prancis memberi ucapan selamat kemenangan kepada capres Prabowo Subianto.
Menhan sekaligus capres Prabowo Subianto menerima ucapan selamat dari Presiden Prancis Emmanuel Macron. Sumber: Seputar Militer
Menhan sekaligus capres Prabowo Subianto menerima ucapan selamat dari Presiden Prancis Emmanuel Macron. Sumber: Seputar Militer

JAKARTA -- Menteri Pertahanan (Menhan) sekaligus capres nomor urut 2, Prabowo Subianto menerima ucapan selamat langsung melalui telepon dari Presiden Prancis Emmanuel Macron, Jumat (8/3/2024). Dia pun berasa bangga bisa berkomunikasi langsung dengan Macron.

"Sebuah kehormatan besar bagi saya untuk menerima telepon dari sahabat saya, Presiden Republik Prancis, Yang Mulia Emmanuel Macron," kata Prabowo di Jakarta, Sabtu (9/3/2024).

Menurut dia, hubungan antara Republik Indonesia (RI) dan Prancis sudah terjalin selama tujuh dekade. Dia pun siap memperkuat hubungan diplomatik antarkedua negara jika nanti dilantik menjadi presiden ke-8 RI pada 20 Oktober 2024.

"Persahabatan mendalam antara Indonesia dan Prancis memiliki peran penting dalam langkah kita mencapai Indonesia Emas 2045. Terima kasih telah menjadi mitra strategis bagi Indonesia selama lebih dari 70 tahun, sebuah hubungan bilateral yang terjalin hingga kini. Kami berkomitmen melanjutkan kemitraan ini untuk masa depan," ujar Prabowo.

Sebelumnya, Prabowo dan Macron terlibat percakapan lewat telepon. "Bonjour, Monsieur (halo Bapak). Monsieur le President (Bapak Presiden)," ujar Prabowo.

Macron pun langsung membalas dengan mengirim ucapan selamat. "Oh, my freind, Mr President (teman saya, Bapak Presiden). Mohon maaf telah membuat Anda menunggu," ujar Macron.

"Saya ingin mengucapkan selamat atas pencapaian Anda, pemilu yang luar biasa. Selamat," kata Macron.

Prabowo pun menjawab singkat menggunakan bahasa Prancis yang memang dikuasainya. "Merci beaucoup, merci beaucoup (terima kasih banyak)," ujar ketua umum DPP Partai Gerindra tersebut.

"Terima kasih banyak Bapak. Ini sebuah kehormatan bagi saya. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih atas dukungan Anda," kata Prabowo dalam unggahan video yang dibagikan timnya.

× Image