Home > Umum

Akses Baru Mudahkan Penumpang KRL dari Stasiun Tanjung Barat ke AEON Mall

Dishub DKI melakukan rekayasa lalu lintas untuk menghubungkan jembatan dari Stasiun Tanjung Barat ke AEON Mall.
Akses baru di sisi timur Stasiun Tanjung Barat, Jakarta Selatan.
Akses baru di sisi timur Stasiun Tanjung Barat, Jakarta Selatan.

JAKARTA -- Penumpang KRL Commuter Line yang turun di Stasiun Tanjung Barat, Jakarta Selatan (Jaksel) dengan tujuan AEON Mall, kini mendapatkan fasilitas baru. Pengelola Stasiun Tanjung Barat tidak memaksakan lagi penumpang untuk naik dan turun lewat jembatan penyeberangan orang (JPO).

Kini, penumpang bisa langsung lewat pagar sebelah timur yang terhubung Jalan Raya Tanjung Barat untuk menuju langsung ke AEON Mall. Bahkan, sudah terdapat tanda zebra cross dan lampu lalu lintas di samping stasiun. Pun ada petugas AEON Mall yang siap membantu penumpang KRL yang ingin melintas ke salah satu pusat perbelanjaan modern terbesar di Jaksel tersebut.

Tentu saja, keputusan pengelola stasiun dan mal mendapat apresiasi warganet. Akun X @irhamsyarif termasuk yang mengapresiasi akses yang baru dibuka tersebut lebih manusiawi.

"Mencoba akses baru (sementara) dari Stasiun Tanjung Barat ke AEON Mall Tanjung Barat. Akses ini sangat amat nyaman karena lega dan cepat dibanding harus naik turun JPO yang sempit dan mutar-mutar. Bingung kenapa JPO-nya nggak langsung tersambung ke mal," ujarnya dikutip di Jakarta, Jumat (15/3/2024).

Hanya saja, kata Irham, karena ada rambu lalu lintas baru membuat laju kendaraan menjadi tertahan. Hal itu karena para penumpang KRL maupun pengunjung mal yang bergantian melewati zebra cross hingga lampu lalu lintas menyala. "Yang omel paling mobil atau motor," ucapnya.

Dinas Perhubungan (Dishub) DKI mengakui, sedang dibangun JPO dari Stasiun Tanjung Barat yang nantinya langsung terhubung ke AEON Mall. Karena itu, sekarang sedang dibuka pintu keluar baru di Stasiun Tanjung Barat yang tersambung dengan jalan raya.

"Dishub DKI Jakarta menerapkan Rekayasa Lalu Lintas pada 7 Maret-30 April 2024 di Jalan Lenteng Agung sisi timur untuk menghubungkan jembatan di Stasiun Tanjung Barat yang ada menuju sisi (jalur) pedestrian AEON Mall Tanjung Barat," demikian pengumuman yang diunggah akun @dishubjakarta.

"Rekayasa lalu lintas dilakukan di Jalan Lenteng Agung sisi timur untuk menghubungkan jembatan dari Stasiun Tanjung Barat yang ada menuju ke sisi (jalur) pedestrian AEON Mall Tanjung Barat," kata Dishub DKI menambahkan.

Simak infografis ini untuk melihat Rekayasa Lalu Lintasnya!

× Image