Home > Umum

Eks Menteri Penerangan dan Bapak Ilmu Komunikasi M Alwi Dahlan Berpulang

Keluarga besar UI menyampaikan duka cita mendalam atas meninggalnya Prof M Alwi Dahlan.
Mantan Menteri Penerangan Prof M Alwi Dahlan berpulang pada Rabu (20/3/2024).
Mantan Menteri Penerangan Prof M Alwi Dahlan berpulang pada Rabu (20/3/2024).

DEPOK -- Innalillahi wainnailaihi raajiun. Kabar duka datang Universitas Indonesia (UI). Keluarga besar UI menyampaikan duka cita mendalam atas berpulangnya Menteri Penerangan (Menpen) era Presiden Soeharto, Prof M Alwi Dahlan di Kota Depok, Jawa Barat pada Rabu (20/3/2024).

Kepala Biro Humas dan KIP UI, Amelita Lusia menjelaskan, almarhum merupakan tokoh besar yang dimiliki Indonesia di bidang komunikasi. Menurut dia, Prof Alwi pernah menjabat sebagai Menteri Penerangan Kabinet Pembangunan VII era Presiden Soeharto.

"Guru Besar Departemen Ilmu Komunikasi FISIP UI, ini layak menyandang gelar Bapak Ilmu Komunikasi karena dedikasi dan sumbangsih Prof Alwi yang begitu besar dalam bidang ilmu komunikasi, sehingga membuat namanya melegenda," ucap Amelita.

Dia menjelaskan, Prof Alwi merupakan figur kelahiran Batu Sangkar, Sumatra Barat pada 15 Mei 1933. Almarhum pernah mengenyam pendidikan di Fakultas Ekonomi (sekarang Fakultas Ekonomi dan Bisnis) UU.

Pada 1961, kata Amelita, almarhum meneruskan pendidikan di American University, Washington DC, Amerika Serikat. Sekembali ke Indonesia, ia menjadi pengajar di FISIP UI. Dia menyebut, Prof Alwi juga pernah menjabat sebagai Asisten Menteri Lingkungan Hidup periode 1979-1993.

"Bapak Ilmu Komunikasi ini menutup mata pada usia 90 tahun. Semoga amal ibadah Almarhum diterima di sisi-Nya dan seluruh keluarga diberi ketabahan serta kesabaran," kata Amelita.

× Image