Home > Nasional

Kontak Prabowo, PM Kanada Beri Selamat Kemenangan Pilpres 2024

Prabowo menantikan Misi Dagang Tim Kanada yang akan ke Indonesia pada akhir tahun ini.
Menhan sekaligus presiden terpilih Prabowo Subianto. Sumber: Dok Kemenhan
Menhan sekaligus presiden terpilih Prabowo Subianto. Sumber: Dok Kemenhan

JAKARTA -- Menteri Pertahanan (Menhan) RI sekaligus presiden terpilih Prabowo Subianto melaksanakan pembicaraan telepon dengan Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau di kediaman pribadi, Jalan Kertanegara Nomor 4, Jakarta Selatan, Rabu (1/5/2024) WIB. Prabowo berada di kediaman pribadi karena hari libur nasional.

Dalam pembicaraan tersebut, kedua belah pihak membahas mengenai upaya peningkatan hubungan bilateral antara Indonesia dan Kanada. Termasuk, di antaranya mengenai hubungan ekonomi yang kuat antara kedua negara.

Menhan Prabowo dan PM Trudeau menegaskan kembali dukungan terhadap negosiasi yang sedang berlangsung seputar Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Kanada-Indonesia. Selain itu, Prabowo juga menantikan Misi Dagang Tim Kanada yang akan datang ke Indonesia pada akhir tahun ini.

PM Trudeau juga mengapresiasi kesuksesan Indonesia saat mengemban kepemimpinan atas Keketuaan ASEAN pada 2023. Dia menegaskan dukungan teguhnya terhadap Kemitraan Strategis Kanada-ASEAN.

Dalam pembicaraan tersebut dibahas pula mengenai kelanjutan penerapan Strategi Indo-Pasifik Kanada. Selain itu, keduanya juga membahas peluang untuk bekerja sama dalam bidang mineral penting, dan menekankan pentingnya bekerja sama untuk memperkuat dukungan terhadap tatanan internasional yang berbasis aturan.

Adapun PM Trudeu mengontak Prabowo dari Ottawa pada Selasa (30/4/2024) waktu setempat. "Perdana Menteri Justin Trudeau berbicara dengan presiden terpilih Indonesia, Prabowo Subianto, untuk mengucapkan selamat atas kemenangannya baru-baru ini dalam pilpres Indonesia," begitu siaran pers yang dirilis Kedubes Kanada di Jakarta, Rabu.

× Image