Home > Pertahanan

KSAL Kunjungi Galangan Kapal Lorient Milik Naval Group di Prancis

Naval Group mendapat kehormatan untuk menyambut KSAL Laksamana Muhammad Ali.
KSAL Laksamana Muhammad Ali di galangan kapal Lorient, Brittany, Prancis, Jumat (17/5/2024).
KSAL Laksamana Muhammad Ali di galangan kapal Lorient, Brittany, Prancis, Jumat (17/5/2024).

JAKARTA -- Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muhammad Ali beserta pejabat Mabesal melakun kunjungan ke galangan kapal Naval Group di Lorient, Brittany, Prancis, Jumat (17/5/2024). Galangan tersebut merupakan lokasi pembangunan frigat FDI (Frégate de Défense et d'Intervention).

"Naval Group mendapat kehormatan untuk menyambut Laksamana Muhammad Ali, Kepala Staf Angkatan Laut Indonesia untuk kunjungan FDI di galangan kapal kami di Lorient," demikian caption akun Instagram Naval Group dikutip di Jakarta, Ahad (19/5/2024).

Adapun sebelumnya TNI AL dipastikan akan mendapatkan kiriman dua unit kapal selam Scorpene Evolved. Kemenhan memilih Naval Group dan PT PAL untuk memperkuat kemampuan TNI AL dengan dua kapal selam baterai Lithium-Ion (LiB) Scorpène Evolved yang akan dibangun di galangan kapal PT PAL, melalui transfer teknologi.

Adapun Naval Group sedang mengerjakan lima unit frigat FDI dibangun di Lorient untuk Marine Nationale atau AL Prancis dengan nilai kontrak 2,1 miliar euro atau sekitar Rp 36,3 triliun. Angka itu belum termasuk biaya riset dan pengembangan yang mencapai 1,4 miliar euro atau sekitar Rp 24,2 triliun.

Selain itu, Naval Griup juga membangun tiga unit kapal FDI untuk Royal Hellenic Navy atau AL Yunani yang kini dikenal kelas Kimon dengan nilai kontrak 3,23 miliar euro atau sekitar Rp 55,9 triliun. Kapal pertama segera masuk komisioning pada awal 2025 atau proses pembangunan kapal FDI hingga serah terima kapal hanya dalam waktu lebih dua tahun atau di bawah tiga tahun.

× Image