Home > Nasional

Mahasiswa Unhan Ikut Program TMMD ke-120 di Sukamakmur, Bogor

Mahasiswa Unhan dan Universitas Esa Unggul juga melaksanakan program pengentasan stunting
TMMD ke-120 di Sukamakmur, Kabupaten Bogor, menebar benih ikan ke danau.
TMMD ke-120 di Sukamakmur, Kabupaten Bogor, menebar benih ikan ke danau.

JAKARTA -- Mahasiswa Pascasarjana Cohort 6 Universitas Pertahanan (Unhan) melaksanakan pengabdian masyarakat di lokasi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-120 di Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (28/5/2024). Wakil Asisten Teritorial KSAD Bidang Tahwil Komsos dan Bhakti TNI, Brigjen Taufiq Shobri menjelaskan, kegiatan itu juga berkolaborasi dengan mahasiswa Universitas Esa Unggul.

Kegiatan ini meliputi sosialisasi bela negara, penanaman 5.000 pohon, penebaran benih ikan di danau, dan pengentasan stunting. Melalui sosialisasi bela negara, mahasiswa memberikan edukasi tentang pentingnya menjaga kedaulatan dan keamanan nasional," ujar Taufiq yang ikut mengunjungi lokasi TMMD ke-120 di Sukamakmur dalam siaran pers di Jakarta, Rabu (29/5/2024).

Menurut Taufiq, kegiatan penghijauan dengan menanam 5.000 pohon bertujuan untuk meningkatkan kualitas lingkungan dan mengurangi dampak perubahan iklim. Sementara penebaran benih ikan di danau Rawa Gede, Sukamakmur, ditujukan untuk meningkatkan sumber daya ikan bagi masyarakat serta mendukung keberlanjutan ekosistem perairan.

Mantan Karo Humas Kemenhan tersebut menambahkan, mahasiswa Unhan dan Universitas Esa Unggul juga melaksanakan program pengentasan stunting dengan memberikan penyuluhan dan bantuan gizi kepada keluarga yang memiliki anak balita. Langkah itu untuk mencegah hambatan perkembangan fisik dan mental.

"Kegiatan ini menggambarkan komitmen mahasiswa dalam memberikan kontribusi positif bagi masyarakat, dengan harapan tercipta lingkungan yang lebih sehat, sejahtera, dan berdaya tahan tinggi melalui kolaborasi antara mahasiswa, TNI, dan masyarakat Sukamakmur," kata Taufiq.

× Image