Home > Pertahanan

PT Freeport Indonesia Beri Hibah Bangun Dermaga Lanal Timika

Nantinya, PTFI bisa menggunakan dermaga untuk pengangkutan dan penyimpanan tailing ke luar Kabupaten Mimika.
Kerja sama antara TNI AL dan PTFI terkait pembangunan Lanal Timika.
Kerja sama antara TNI AL dan PTFI terkait pembangunan Lanal Timika.

JAKARTA -- Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) bersama PT Freeport Indonesia (PTFI) meneken perjanjian kerja sama (PKS) pembangunan dan hibah Dermaga Pangkalan TNI AL (Lanal) Timika bertempat di Selasar Denma Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (3/7/2024). Kegiatan tersebut disaksikan oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali dan Dirut PTFI Tony Wenas.

Hibah tersebut bertujuan untuk mendukung tugas dan fungsi TNI AL, khususnya Lanal Timika serta optimalisasi pengangkutan dan penyimpanan tailing PTFI ke luar Kabupaten Mimika. Lanal Timika saat ini berada di bawah jajaran Lantamal XI/Merauke. Kegiatan penambangan itu sudah disetujui oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Adapun dokumen PKS ditandatangani oleh Kepala Dinas Fasilitas Pangkalan Angkatan Laut (Kadisfaslanal) Laksma TNI Kris Wibowo dan Wakil Presiden Direktur PTFI Jenpino Ngabdi. Kedua belah menyepakati untuk dilaksanakan hibah berupa pembangunan dermaga dan sarana prasarananya di pangkalan di Lanal Timika yang akan dilaksanakan oleh PTFI.

Pekerjaan pembangunan dermaga oleh PTFI di lahan milik Lanal Timika diestimasikan selesai selama dua tahun. Nantinya, dermaga tersebut akan diserahkan dan digunakan untuk kepentingan TNI AL. Sedangkan untuk penggunaannya akan digunakan bersama oleh TNI AL dan PTFI sampai dengan jangka waktu PKS berakhir.

Setelah jangka waktu PKS berakhir, selanjutnya penggunaan dermaga Lanal Timika oleh PTFI akan dilaksanakan sesuai peraturan yang berlaku melalui pemanfaatan BMN. Laksamana Muhammad Ali menyampaikan, pelaksanaan penandatanganan kerja sama antara TNI AL dan PTFI, merupakan salah satu bentuk tertib administrasi yang dilakukan oleh kedua pihak untuk mengatur rencana kerja sama dengan masa berlaku lima tahun.

"Besar harapan, dermaga ini dapat memaksimalkan kegiatan operasional PTFI dalam rangka optimalisasi pengangkutan dan penyimpanan tailing PTFI di Lanal Timika," ucap Ali.

Sebelumnya, delegasi PTFI sudah melaksanakan peninjauan lokasi pembangunan Dermaga Lanal Timika dan sarana pendukung. "Selain itu, dermaga ini dapat digunakan pula untuk mendukung tugas dan fungsi TNI AL dalam menjaga kedaulatan negara. Sehingga dengan adanya kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan hubungan baik antara TNI AL khususnya Lanal Timika dengan PTFI," ucap Ali menambahkan.

× Image