Home > Pertahanan

Marinir TNI AL dan US Marine Corps Latma Serangan Raid Darat

Latma Platex 2024 antara personel Korps Marinir TNI AL dan USMC berlangsung di Puslatpur Marinir 5 Baluran, Situbondo.
Suasana Latma Platex 2024 di Puslatpur Marinir 5 Baluran, Situbondo, Jumat (19/7/2024) dini hari WIB.
Suasana Latma Platex 2024 di Puslatpur Marinir 5 Baluran, Situbondo, Jumat (19/7/2024) dini hari WIB.

SITUBONDO -- Latihan Bersama (Latma) Platoon Exchange (Platex) 2024 antara prajurit Korps Marinir (Kormar) TNI AL dan United States Marine Corps (USMC)/I MEF berlangsung di Pusat Latihan Pertempuran (PLP) Marinir 5 Baluran, Karangtekok, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Jumat (19/7/2024) dini hari WIB. Prajurit marinir kedua negara melakukan simulasi serangan raid darat.

Raid merupakan sebuah serangan terhadap musuh yang dilaksanakan dengan memanfaatkan kelengahan lawan. Serangan kejutan tersebut bersifat sangat cepat, tepat, dan rahasia. Latihan tersebut untuk meningkatkan dan memelihara kemampuan prajurit Kormar TNI AL, khususnya Brigif 2 Marinir guna memiliki kesamaptaan jasmani yang tinggi, menguasai dasar pertempuran perorangan, regu, satuan setingkat peleton dan kompi.

Selain itu, Latma Platex 2024 juga melatih keterampilan kesenjataan yang diperlukan sesuai dengan kedudukan di satuan dalam mendukung tugas pokok Kormar TNI AL.

Komandan Batalyon Infanteri 1 Marinir Letkol Marinir Roni Saputra menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan salah satu cara pembelajaran untuk memelihara, meningkatkan, dan mengasah kemampuan taktik, teknik, dan keterampilan prajurit.

Menurut Roni, keterampilan yang dimaksud baik tingkat kelompok, regu, peleton, hingga kompi dalam melaksanakan serangan yang membutuhkan kerahasiaan. "Pahami dan kuasai materi operasi tempur aspek darat, karena sangat membantu saat melaksanakan tugas di daerah operasi atau daerah pertempuran," ucap Roni yang menjadi Dansatgas Latma Platex 2024.

× Image