Home > Pertahanan

Misi Berakhir, Enam Pesawat AU Prancis Tinggalkan Indonesia

Pesawat FASF dalam Misi Pegase 2024 terdiri dua jet tempur Rafale, dua pesawat tanker A330 MRTT, dan dua pesawat angkut A400M.
Personel French Air and Space Force menaiki pesawat A330 MRTT di Lanud Halim Perdanakusuma.
Personel French Air and Space Force menaiki pesawat A330 MRTT di Lanud Halim Perdanakusuma.

JAKARTA -- Misi Pegase 2024 di Indonesia telah selesai. Hal itu ditandai dengan keberangkatan enam pesawat French Air and Space Force (FASF) dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (27/7/24). Pesawat FASF tersebut terdiri dua jet tempur Rafale, dua pesawat tanker A330 MRTT, dan dua pesawat angkut A400M.

Kepulangan itu juga menandai berakhirnya misi Pegase 2024 di Indonesia yang berlangsung sejak 20 Juli 2024. Sejumlah kegiatan telah dilaksanakan TNI AU dan FASF, salah satunya subject matter expert exchange (SMEE).

Delegasi Misi Pegase 2024 yang dipimpin oleh Mission Commander Brigjen Guillaume Thomas meninggalkan Indonesia menuju Bandara Internasional Clark, Filipina. Setelah itu, Misi Pegase akan melanjutkan perjalanan ke negara lain di Indo-Pasifik.

Proses kepulangan delegasi Pegase 2024 dihadiri Paban IV/Hublu Sintelau Kolonel Pnb Yose Ridha, Kasibaseops Lanud Halim Perdanakusuma Letkol Pnb Septi Arun Dwi, Pabandyalatma Paban 3/Lat Sopsau Letkol Pas Alvin JL Tobing, dan Pabanda Bungkol Paban IV/Hublu Sintelau Mayor Sus Albert Sitinjak.

× Image