Home > Pertahanan

KRI Bima Suci Berlayar Kembali 90 Hari Bawa Misi Diplomatik

Dari Surabaya, KRI Bima Suci mampir ke Kamboja, Vietnam, China, Korsel, Rusia, Jepang, Manila, dan balik ke Indonesia.
Pelepasan KRI Bima Suci dari Dermaga Ujung, Kota Surabaya dalam lawatan selama 90 hari. Sumber: Seputarmiliter.id
Pelepasan KRI Bima Suci dari Dermaga Ujung, Kota Surabaya dalam lawatan selama 90 hari. Sumber: Seputarmiliter.id

SURABAYA -- KRI Bima Suci di bawah pimpinan Letkol Laut (P) Hastaria Dwi Prakoso berlayar kembali untuk melaksanakan misi diplomasi dan muhibah duta bangsa selama 90 hari. Perjalanan dimulai pada 1 Agustus sampai 30 Oktober 2024 guna mendukung Latihan Praktek (Lattek) Pelayaran Kartika Jala Krida (KJK) Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan ke-71 Tahun 2024.

KRI Bima Suci nantinya mengelilingi rute pelayaran Surabaya, Jakarta, Singapura, Sihanoukville (Kamboja), Hai Phong (Vietnam), Shanghai (China), Busan (Korea Selatan), Vladivostok (Russia), Yokosuka (Jepang), Manila (Filipina), Balikpapan, dan kembali ke Surabaya. Adapun waktu berlayar selama 57 hari dan 33 hari sandar serta 16 hari di Indonesia dan 74 hari di luar negeri.

Keberangkatan KRI Bima Suci dilepas dengan upacara militer yang dipimpin oleh Pangkoarmada II Laksda Ariantyo Condrowibowo, yang diwakili Kaskoarmada II Laksma Isswarto di Dermaga Madura Koarmada II, Ujung, Kota Surabaya. Laksma Isswarto menyampaikan, pelayaran Kartika Jala Krida yang rutin dilaksanakan setiap tahun merupakan kegiatan dengan tujuan melatih dan membentuk karakter Taruna AAL menjadi perwira yang bertanggung jawab dan profesional.

"Pelayaran yang akan menempuh jarak 10.715 nautical mile selama kurang lebih 90 hari ini menjadi istimewa karena diikuti oleh 32 cadet dari negara-negara ASEAN dan non-ASEAN," ujar Isswarto.

× Image