Home > Pertahanan

Dua Perwira TNI AL Tuntaskan Kursus Kapal Selam di Australia

Pengetahuan hasil kursus untuk digunakan dalam menyelamatkan kapal selam yang sedang mengalami kedaruratan.
Dua perwira TNI AL lulus kursus operasi penyelamatan kapal selam di Australia. Sumber:
Dua perwira TNI AL lulus kursus operasi penyelamatan kapal selam di Australia. Sumber:

JAKARTA -- Dua perwira TNI AL menuntaskan dan mendapatkan sertifikasi kursus Coordinator of Rescue Forces (CRF) dengan baik yang diselenggarakan Angkatan Laut Australia (Royal Australian Navy/RAN) di RAN Submarine Naval Base, HMAS Stirling, Garden Island, Australia, Jumat (2/8/2024).

Perwira tersebut adalah Letkol Laut (P) Moh Akbar, yang sehari-hari menjabat Komandan KRI Alugoro-405 dan Mayor Laut (P) Asrul Arasad, sebagai Perwira Operasi Satsel Koarmada II. Kursus CRF yang dilaksanakan pada 21 Juli-3 Agustus 2024, diperuntukkan bagi perwakilan perwira kapal selam Indonesia, Filipina, Thailand, Singapura, Malaysia, dan Vietnam.

Dalam kursus CRF, peserta diberikan gambaran, pelajaran, dan latihan tentang bagaimana melaksanakan perencanaan, pengorganisasian, mobilisasi, dan menggunakan segala aset yang ada di negara sendiri maupun kawasan internasional. Pengetahuan itu untuk digunakan dalam menyelamatkan kapal selam yang sedang mengalami kedaruratan.

Lulusan kursus CRF ditargetkan mampu menjadi koordinator dalam pelaksanaan submarine rescue operations yang bertanggung jawab untuk memberikan saran dan masukan metode penyelamatan kepada Submarine Search and Rescue Autority (SSRA). Sebelumnya, kursus tersebut dibuka oleh CDRE Tom Philips sebagai Comsub RAN Force dan ditutup oleh CAPT Richard Lindsey yang menjabat sebagai Director Australian Submarine Command Course.

Pelaksanaan kegiatan tersebut merupakan implementasi kebijakan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muhammad Ali kepada seluruh prajurit TNI AL untuk memberikan yang terbaik dalam setiap tugas yang diamanahkan, serta mengasah kemampuan yang dimiliki agar dapat berkiprah di kancah nasional maupun internasional.

× Image