Home > Nasional

Kru KRI Bima Sakti Ikut Rayakan Persaudaraan RI-Kamboja 65 Tahun

KRI Bima Sakti bersandar di Sihanoukville, Kamboja pada 16-19 Agustus 2024.
Kunjungan KRI Bima Sakti di Sihanoukville, Kamboja pada 16-19 Agustus 2024. Sumber: Seputarmiliter.id
Kunjungan KRI Bima Sakti di Sihanoukville, Kamboja pada 16-19 Agustus 2024. Sumber: Seputarmiliter.id

SIHANOUKVILLE -- Kunjungan KRI Bima Suci ke Kamboja menambah kemeriahan dalam perayaan Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia. Kehadiran kapal latih kebanggaan TNI Angkatan Laut tersebut menjadi salah satu sorotan utama perayaan 65 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Kamboja, Senin (19/8/2024).

Selama bersandar di Sihanoukville, Kamboja pada 16-19 Agustus 2024, para perwira, kru, dan kadet KRI Bima Suci berpartisipasi dalam berbagai kegiatan, termasuk upacara bendera dan acara panggung gembira bersama komunitas Indonesia. Kegiatan tersebut untuk mempererat tali persaudaraan antara masyarakat Indonesia di Kamboja dan memperkenalkan budaya maritim kepada masyarakat setempat.

Sejumlah kegiatan pun diselenggarakan di Sihanoukville, seperti pertunjukan marching band di Pantai Otres yang dihadiri ratusan orang, termasuk masyarakat Indonesia dan warga lokal serta perwakilan dari Royal Cambodian Armed Forces (RCAF). Selain itu, acara cocktail party juga diadakan untuk merayakan kunjungan tersebut.

Duta Besar RI untuk Kamboja, Santo Darmosumarto menjelaskan, terakhir kali KRI Dewaruci berkunjung ke Kamboja pada 2006. Setelah itu, kata dia, masyarakat Indonesia di Kamboja sangat bangga dan gembira menerima kunjungan KRI Bima Suci.

"Kunjungan ini menjadi salah satu highlight dalam perayaan 65 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Kamboja, serta memberikan dorongan untuk semakin memperkuat kemitraan di bidang pertahanan dan keamanan, serta bidang-bidang lainnya," ucap Santo.

× Image