Home > Pertahanan

Marinir Dibantu US Indopacom dan Canadian Army Renovasi Sekolah di Situbondo

Pasukan yang ikut Super Garuda Shield 2024, merenovasi gedung SDN 2 Palangan dan Pusat Latihan Pertempuran 5 Baluran.
Prajurit Marinir TNI AL dan US Army merenovasi SDN 2 Palangan, Kecamatan Jangkar, Situbondo. Sumber: Seputarmiliter.id
Prajurit Marinir TNI AL dan US Army merenovasi SDN 2 Palangan, Kecamatan Jangkar, Situbondo. Sumber: Seputarmiliter.id

JAKARTA -- Prajurit Pasmar 2 Korps Marinir TNI AL bersinergi dengan United States Indo-Pacific Command (US Indopacom) dan Canadian Army melakukan kegiatan pengabdian masyarakat. Mereka merenovasi gedung Sekolah Dasar Negeri (SDN) 2 Palangan, Kecamatan Jangkar dan Pusat Latihan Pertempuran (PLP) 5 Baluran, Kabupaten Situbondo Jawa Timur, Rabu (28/8/2024).

Renovasi gedung sekolah dan pengerasan jalan tersebut merupakan rangkaian program Engineering Civic Action Program (ENCAP), yang mmenjadi bagian Latgabma Super Garuda Shield (SGS) 2024. Adapun sasaran fisik yang dikerjakan, mencakup vertical project renovasi SDN 2 Palangan, seperti perbaikan gedung, pemasangan paving di halaman sekolah, pengecatan gedung, serta pemasangan keramik dan pembuatan tempat parkir.

Sedangkan horizontal project berupa perbaikan dan pengerasan jalan tank di Pusat Latihan Tempur 5 Baluran sepanjang 1,4 kilometer. Komandan Subsatgas ENCAP SGS 2024 Letkol Mar Achmad Muthohar menjelaskan, personel militer tiga negara memiliki waktu 32 hari untuk menyelesaikan dua proyek tersebut.

"Latihan ENCAP ini merupakan salah satu sarana bergiat langsung mendukung kegiatan sosial dengan melaksanakan renovasi bangunan SDN 2 Palangan," kata Muthohar.

Secara khusus, kata dia, kegiatan itu melibatkan personel Pasmar 2 Kormar dan US Army dari Kompi Zeni 610, Batalion Zeni 864, Brigade Zeni 555 Hawai, Kompi Zeni 523, Batalion Zeni 84, dan Brigade Zeni 130 Alaska USA. Pasukan Angkatan Darat Kanada juga ikut berkontribusi.

Latihan bersama tahunan antara TNI AD dan Indopacom bertajuk Super Garuda Shield 2024, diikuti oleh 10 negara pelaku dan 16 negara observer. Latihan bersama di Kota Surabaya dan Kabupaten Situbondo, Jawa Timur; Karawang di Jawa Barat; dan Baturaja di Sumatra Selatan tersebut berlangsung pada 26 Agustus-6 September 2024.

× Image