Home > Nasional

Lima Anggota BPK Terpilih, Salah Satunya Orang Kepercayaan Prabowo

Akhsanul Khaq, Bobby Adhityo Rizaldi, Budi Prijono, Daniel Lumban Tobing, dan Fathan terpilih menjadi anggota BPK periode 2024-2029.
Lima anggota BPK RI periode 2024-2029. Sumber: Seputarmiliter.id
Lima anggota BPK RI periode 2024-2029. Sumber: Seputarmiliter.id

JAKARTA -- Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) resmi mengumumkan lima calon anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terpilih periode 2024-2029. Berdasarkan Keputusan Rapat Internal Komisi XI DPR RI, pemilihan lima calon anggota BPK RI pada Rabu (4/9/2024), menyepakati lima anggota BPK RI terpilih. Mereka adalah Akhsanul Khaq, Bobby Adhityo Rizaldi, Budi Prijono, Daniel Lumban Tobing, dan Fathan.

Adapun Akhsanul Khaq merupakan auditor utama keuangan negara I BPK. Bobby Rizaldi merupakan politikus Partai Golkar yang sekarang bertugas di Komisi I DPR. Sedangkan Budi Prijono merupakan mantan inspektur jenderal Kementerian Pertahanan (irjen Kemenhan). Budi yang merupakan orang kepercayaan Presiden Terpilih sekaligus Menhan Prabowo itu merupakan pensiunan bintang tiga. Dia merupakan perwira tinggi (pati) pertama dengan pangkat letjen dari Korps Perhubungan.

Adapun Daniel Lumban Tobing merupakan anggota BPK 2019-2024 sekaligus mantan anggota Fraksi PDIP DPR. Terakhir, Fathan merupakan politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Sementara, uji kelayakan dan kepatutan calon anggota BPK di DPR telah berlangsung pada 2-4 September 2024. Adapun dalam pelaksanaannya, fit and proper test ini digelar di tiga tempat di Gedung Nusantara I, yaitu ruang rapat Badan Akuntansi Keuangan Negara (BAKN), Pansus C, dan Komisi XI DPR.

Sebelumnya, pembukaan seleksi seleksi calon Anggota BPK RI sudah dilakukan pada Rabu 19 Juni 2024, dan pendaftaran dilakukan sejak 20 Juni-4 Juli 2024. DPR mencatat ada 74 calon anggota BPK yang menjalani uji seleksi. Mereka datang dari berbagai kalangan, seperti politisi, dosen, hakim, hingga wiraswasta.

× Image