Home > Pertahanan

KSAL Hadiri Naval Diplomacy di Kapal Induk ITS Cavour (C-550)

ITS Cavour (C-550) merupakan kapal induk utama Panglima Tertinggi Armada Angkatan Laut Italia yang sedang bersandar di Jakarta.
KSAL Laksamana Muhammad Ali di kapal perang Italia ITS Cavour (C-550). Sumber: Seputarmiliter.id
KSAL Laksamana Muhammad Ali di kapal perang Italia ITS Cavour (C-550). Sumber: Seputarmiliter.id

JAKARTA -- Demi mempererat hubungan kerja sama dengan negara sahabat sekaligus sebagai bentuk naval diplomacy, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muhammad Ali didampingi Wakil KSAL Laksdya Erwin S Aldedharma menghadiri acara deck reception di atas kapal perang Italia ITS Cavour (C-550) yang sedang sandar di Dermaga 300 Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Ahad (15/9/2024) malam WIB.

Kedatangan Laksamana Ali beserta pejabat utama Mabesal disambut hangat oleh Duta Besar Italia untuk RI Benedetto Latteri, Director of Naval Armaments Laksdya Giuseppe Abbamonte, IT Navy Carrier Strike Group Commander Laksda Giancarlo Ciappina, dan Captain (N) Francesco Fagnani.

Ali dalam sambutannya menyampaikan, deck reception yang digelar merupakan kesempatan yang baik untuk berkolaborasi antara kedua Angkatan Laut (AL). Kegiatan itu juga untuk meningkatkan kemampuan pertahanan dan keamanan maritim.

"Kesempatan ini memungkinkan kita untuk bertukar wawasan dan perspektif mengenai perkembangan terkini di bidang pertahanan dan teknologi maritim. Pertukaran seperti ini sangat penting untuk memastikan bahwa pasukan kita tetap siap dan mampu beradaptasi dalam lanskap keamanan yang terus berkembang. Kami yakin bahwa dialog dan interaksi di sini akan berkontribusi pada tujuan bersama untuk menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan," ucap Ali.

Dia menjelaskan, TNI AL siap memperpanjang kerja sama di bidang latihan bersama, kerja sama operasional, serta pertukaran teknologi dengan AL Italia. "Dengan bekerja sama secara erat, kita dapat mengatasi tantangan maritim yang muncul dan meningkatkan kemampuan kolektif kita untuk menjaga keamanan maritim," ucap Ali.

Dia pun menyebut, deck reception bukan hanya memperkuat hubungan profesionalisme, tetapi juga memperkuat hubungan persahabatan antara para pelaut. "Kami yakin bahwa dialog dan kerja sama yang berkelanjutan akan semakin meningkatkan kemitraan strategis kami dan berkontribusi terhadap lingkungan maritim yang lebih aman dan stabil," kata Ali.

Kapal perang Italia ITS Cavour (C-550) berjenis kapal induk short take off and vertical landing (STOVL). ITS Cavour (C-550) merupakan kapal induk utama Panglima Tertinggi Armada Angkatan Laut Italia yang dirancang untuk menggabungkan operasi udara pesawat tempur dan helikopter. Kapal tersebut mampu menjalankan empat kemampuan sekaligus, yaitu kemampuan sebagai kapal induk, platform logistik dan amfibi, unit komando dan kontrol, serta kemampuan sebagai kapal rumah sakit.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Asrena KSAL Laksda Achmad Wibisono, Asintel KSAL Laksda Akmal, Asops KSAL Laksda Yayan Sofiyan, Aspotmar KSAL Mayjen (Mar) Hermanto, serta Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) III/Jakarta Brigjen (Mar) Harry Indarto, Kepala Baranahan Marsdya Yusuf Jauhari, pjabat Kemenhan, TNI AD, dan TNI AU.

× Image