Home > Nasional

Menteri AHY Resmi Raih Gelar Doktor Unair

Saya bersyukur bisa selesaikan ujian terbuka di hadapan guru besar dan sivitas akademika Universitas Airlangga.
Menteri ATR/Kepala BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) meraih gelar doktor Unair. Sumber: Seputarmiliter.id
Menteri ATR/Kepala BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) meraih gelar doktor Unair. Sumber: Seputarmiliter.id

SURABAYA -- Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyelesaikan ujian doktor terbuka Program Studi Pengembangan Sumber Daya Manusia di Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga (Unair), Kota Surabaya, Jawa Timur (Jatim), Senin (7/10/2024). AHY pun meraih Cumlaude dan berhak menyandang gelar doktor setelah bisa mempertahankan disertasinya.

"Saya bersyukur karena setelah mengikuti kuliah selama kurang lebih tiga tahun di Unair, bisa selesaikan ujian terbuka di hadapan guru besar dan sivitas akademika Universitas Airlangga," kata AHY usai mengikuti ujian terbuka doktoral di Unair, Kota Surabaya, Senin.

Ketua umum DPP Partai Demokrat tersebut menjelaskan, disertasi yang diangkatnya berjudul "Transformational Leadership and Human Resources Orchestration towards Indonesia Emas 2045". "Selain saya berharap itu bisa saya kontribusikan untuk pengambilan kebijakan ke depan supaya lebih baik," kata AHY.

Dia menyebut, melihat pertumbuhan ekonomi di Indonesia ke depan maka harus ada pendekatan antara politisi dan akademisi. Menurut dia, pemerintahan harus diisi dengan dua latar belakang yang saling mengisi. "Karena kalau politisi mengambil keputusan itu harus berdasarkan pada pendekatan ilmiah karena akademisi itu memiliki peran dan kontribusi," kata peraih Adhi Makayasa Akmil 2000 tersebut.

Ujian doktor terbuka AHY juga dihadiri sejumlah tokoh negara, termasuk sang ayah yang juga Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan mendikbud periode 2009-2014 Prof M Nuh. Turut hadir mendampingi Pembina Ikawati Kementerian ATR/BPN Annisa Pohan Yudhoyono, pengurus DPP Demokrat dan DPD Demokrat Jatim, termasuk gubernur Jatim periode 2019-2024 Khofifah Indar Parawansa.

× Image