Home > Pertahanan

TNI AL dan Russia Navy Gelar Latma Perdana di Wilayah Koarmada II

Russian Navy menurunkan kapal perang Corvet Class, seperti RF Soversheny, RF Gromky dan RF Aldar Tsydenzhapov.
TNI AL akan menggelar latihan bersama dengan Russia Navy. Sumber:Seputarmiliter.id
TNI AL akan menggelar latihan bersama dengan Russia Navy. Sumber:Seputarmiliter.id

JAKARTA -- TNI AL bersama Angkatan Laut Rusia (Russian Navy) akan menggelar Latihan Bersama (Latma) Orruda 2024. Lokasi latihan rencananya dilaksanakan di wilayah Koarmada II Surabaya pada 4-8 November 2024.

Latma Orruda 2024 merupakan agenda bilateral antara TNI AL dan Russian Navy. Latihan tersebut merupakan latma perdana dilaksanakan antara TNI AL dan Russian Navy.

Latma Orruda 2024 merupakan hasil kesepakatan pada pertemuan Navy to Navy Talks (NTNT) pertama 2018 antara TNI AL Russian Navy. Nama Orruda adalah kombinasi dari simbol nasional kedua negara, yaitu Orel (Elang Rusia) dan Garuda (Indonesia).

Latma uty merupakan latihan Operasi Militer Perang (OMP) yang terbagi atas dua fase, yaitu Harbor Phase dan Sea Phase. Adapun alutsista yang akan dikerahkan TNI AL dalam Latma Orruda 2024, antara lain KRI I Gusti Ngurah Rai-332, KRI Frans Kaisiepo-368, dan helikopter AS 565 MBE.

Sedangkan Russian Navy menurunkan kapal perang Corvet Class, seperti RF Soversheny, RF Gromky dan RF Aldar Tsydenzhapov, serta medium tanker ship, Helikopter KA-27 dan Tug Salvage Alatau.

Pada kesempatan terpisah, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muhammad Ali menyampaikan kepada seluruh jajaran TNI AL agar senantiasa memberikan yang terbaik dalam setiap tugas yang diamanahkan, serta mempersiapkan dengan matang latihan bersama yang akan digelar bersama negara-negara sahabat agar berjalan sesuai rencana.

× Image