Home > Nasional

Menhan Sjafrie dan Menkes Ziarah ke Makam Jenderal Besar Soeharto

Selain mendoakan Soeharto, Sjafrie Sjamsoeddin juga berdoa di makam mantan KSAD Jenderal Wismoyo Arismunandar.
Menhan Sjafrie Sjamsoeddin dan Menkes Budi Gunadi Sadikin di makam Jenderal Besar TNI (Purn) Soeharto. Sumber: Seputarmiliter.id
Menhan Sjafrie Sjamsoeddin dan Menkes Budi Gunadi Sadikin di makam Jenderal Besar TNI (Purn) Soeharto. Sumber: Seputarmiliter.id

KARANGANYAR -- Usai mengikuti rangkaian kegiatan Retreat Kabinet Merah Putih di Akademi Militer (Akmil), Kota Magelang, Menteri Pertahanan (Menhan) RI Sjafrie Sjamsoeddin tidak langsung pulang ke Jakarta. Dia menuju Kabupaten Karanganyar untuk melaksanakan ziarah di Kompleks Makam Astana Giribangun, Jawa Tengah, Ahad (27/10/2024). Ziarah tersebut juga diikuti Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin.

Menhan yang juga didampingi Ibu Etty Sjafrie Sjamsoeddin berziarah dan memberikan penghormatan di Makam Presiden Ke-2 RI Jenderal Besar TNI (Purn) Soeharto dan Kepala Staf Angkatan Darat periode 1993-1995 Jenderal TNI (Purn) Wismoyo Arismunandar. Sjafrie adalah komandan Grup A Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) yang mengawal Presiden Soeharto, termasuk saat kunjungan ke Bosnia.

Dalam ziarah ini, Sjafrie terlihat khusyuk memanjatkan doa di depan pusara kedua tokoh besar yang pernah memberikan kontribusi penting bagi bangsa Indonesia. Presiden Ke-2 RI Soeharto merupakan tokoh militer yang disegani, sementara Wismoyo Arismunandar dikenal sebagai sosok yang berperan besar dalam memajukan TNI Angkatan Darat.

Ziarah ke Astana Giribangun menjadi momen refleksi bagi Sjafrie untuk mengingat semangat kepemimpinan dan pengabdian kedua tokoh bangsa tersebut. Kegiatan itu juga menjadi momen untuk menghormati perjuangan tokoh besar yang telah menginspirasi Rakyat Indonesia dalam berbakti pada Tanah Air. (Biro Humas Setjen Kemhan)

× Image