Home > Pertahanan

Mayjen Tandyo Budi Revita Resmi Jabat Wakil KSAD

Jabatan Danjen Kopassus diserahterimakan dari Mayjen Deddy Suryadi kepada Brigjen Djon Afriandi.
KSAD Jenderal Maruli Simanjuntak menyalami Wakil KSAD Mayjen Tandyo Budi Revita. Sumber: Dispenad
KSAD Jenderal Maruli Simanjuntak menyalami Wakil KSAD Mayjen Tandyo Budi Revita. Sumber: Dispenad

JAKARTA Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Maruli Simanjuntak memimpin serah terima jabatan (sertijab) Wakil KSAD dan 13 posisi strategis lainnya di lingkungan TNI AD, Jumat (8/3/2024). Maruli menyerahkan posisi Wakil KSAD dari Letjen Arif Rahman kepada Mayjen Tadyo Budi Revita. Adapun Letjen Arif akan memasuki masa pensiun.

Sementara Mayjen Tandyo, sebelumnya menjabat Pangdam IV/Diponegoro. Jabatan tersebut diemban hanya dua bulan. Pasalnya pada pertengahan Desember 2023, Tandyo masih menjabat sebagai Kepala Badan Pendidikan dan Latihan Kementerian Pertahanan (Kabadiklat Kemenhan). Kini, di jabatan barunya, lulusan Akmil 1991 ini akan menyandang bintang tiga.

KSAD Jenderal Maruli menyampaikan ucapan terima kasih kepada Letjen Arif dan para pejabat lama yang sudah menjalani sertijab. Kepada para pejabat baru, Maruli meminta agar melanjutkan program kebijakan yang telah ditetapkan pimpinan Angkatan Darat. Selain itu, mereka diharapkan mampu berkreasi dan berinovasi, menciptakan peluang-peluang bagi kemajuan TNI AD, serta menyejahterakan prajurit dan membantu kesulitan masyarakat.

"Intinya, dengan amanah jabatan baru ini, semoga para perwira dapat menciptakan peluang-peluang baru dan inovasi bagi kemajuan institusi TNI AD dan memberikan manfaat bagi masyarakat di sekitar kita. Kalau kita kompak, yakin bahwa kita akan dapat melakukannya," ujar Maruli di Mabesad, Jakarta Pusat, Jumat.

Adapun proses sertijab meliputi Inspektur Jenderal Angkatan Darat (Irjenad) dari Letjen Hilman Hadi kepada Mayjen Erwin Djatniko, Komandan Pusat Kesenjataan Infanteri (Danpussenif) dari Letjen Anton Nugroho kepada Letjen Teguh Muji Angkasa, dan Komandan Pusat Teritorial Angkatan Darat (Danpusterad) dari Letjen Teguh Muji Angkasa kepada Mayjen Muhammad Syafei Kasno.

Berikutnya, Pangdam IV/Diponegoro dari Mayjen Tandyo Budi Revita kepada Mayjen Deddy Suryadi dan Komandan Jenderal (Danjen) Kopassus dari Mayjen Deddy Suryadi kepada Brigjen Djon Afriandi. Setelah itu, Pangdam III/Siliwangi dari Mayjen Erwin Djatniko kepada Mayjen Mohammad Fadjar, Pangdam XIII/Merdeka dari Mayjen Legowo WR Jatmiko kepada Mayjen Candra Wijaya.

Posisi Komandan Pussenarhanud dari Mayjen Candra Wijaya digantikan oleh Mayjen Hari Arif Wibowo, yang sebelumnya menjabat Asisten Logistik (Aslog) KSAD. Sedangkan Aslog KSAD akan diduduki Brigjen Adisura Firdaus Tarigan. Selain itu, Pangdam IX/Udayana dari Mayjen Harfendi kepada Mayjen Bambang Trisnohadi, dan Pangdam Iskandar Muda dari Mayjen Novi Helmy Prasetya kepada Mayjen Nico Fahrizal.

Kemudian, Komandan Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Dansecapaad) dari Mayjen Nico Fafrizal diserahterimakan kepada Brigjen Windiyatno, dan Kepala Pusat Pembekalan dan Angkutan Angkatan Darat (Kapusbekangad) dari Mayjen Diding Ahmad Kizwini kepada Brigjen Achmad Budi Handoyo.

× Image