Home > Pertahanan

Irjen TNI Letjen Mar Suhartono Digantikan Laksdya Dadi Hartanto

Mayjen Haryanto menggantikan Mayjen Ilyas Alamsyah menjadi Pangdam XVIII/Kasuari.
Inspektur Jenderal TNI Letjen Mar Suhartono.
Inspektur Jenderal TNI Letjen Mar Suhartono.

JAKARTA -- Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto memutasi dan mempromosikan sejumlah jabatan strategis di lingkungan TNI. Rotasi dan mutasi itu berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/329/III/2024 tanggal 22 Maret 2024 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia. "Telah resmi ditetapkan mutasi dan promosi jabatan 52 perwira tinggi (pati) TNI terdiri 40 pati TNI AD, 10 pati TNI AL, dan dua pati TNI AU," ujar Kapuspen TNI Mayjen R Nugraha Gumilar dalam keterangan tertulis di Jakarta, Ahad (24/3/2024).

Di antara posisi yang diganti adalah Inspektur Jenderal (Irjen) TNI dari Letjen (Mar) Suhartono kepada Laksdya Dadi Hartanto, yang sebelumnya menjabat Danjen Akademi TNI. Adapun Suhartono yang pernah menjabat Komandan Paspampres akan memasuki masa pensiun.

Pergantian juga menimpa Letjen dr Albertus Budi Sulistya dari Kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto menjadi Staf Khusus KSAD. Dalam validasi organisasi yang baru, jabatan Kepala RSPAD akan diisi pati bintang dua.

Posisi Kepala Staf Kostrad Mayjen juga diganti dari Mayjen Farid Makruf kepada Mayjen Ilyas Alamsyah. Farid yang pernah menjadi Pangdam V/Brawijaya akan menempati jabatan Tenaga Ahli Pengkaji Bidang Sumber Kekayaan Alam Lemhannas. Sedangkan Ilyas sebelumnya adalah Pangdam XVIII/Kasuari.

Untuk posisi Pangdam Kasuari akan diduduki Mayjen Haryanto, yang meninggalkan pos Pangdivif 2 Kostrad. Adapun Brigjen Anton Yuliantoro yang menjabat Aslog Kaskostrad promosi menjabat Pangdivif 2 Kostrad, Di posisi barunya, Anton akan menyandang bintang dua.

× Image