Home > Pertahanan

Panglima TNI Mutasi Dansesko TNI serta Dirjen Strahan dan Pothan Kemenhan

Dansesko TNI Marsdya Samsul Rizal digeser menjadi dosen tetap Universitas Pertahanan (Unhan).
Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto. Sumber: Seputar Militer
Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto. Sumber: Seputar Militer

JAKARTA -- Mutasi dan promosi di lingkungan Tentara Nasional Indonesia (TNI) kembali bergulir. Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto melakukan pergeseran jabatan terhadap 215 perwira tinggi (pati) TNI tiga matra.

Mutasi tertuang dalam SK Panglima TNI Nomor Kep/382/IV2024 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia diteken di Jakarta pada 1 April 2024.

Dalam mutasi itu, Komandan Sesko TNI Marsdya Samsul Rizal digeser menjadi dosen tetap Universitas Pertahanan (Unhan). Marsda Arif Widianto yang sebelumnya menduduki Asisten Personalia (Aspers) Aspers Panglima TNI dipromosikan menjadi Dansesko TNI. Dengan begitu, pangkat Arif Widianto akan naik menjadi marsdya atau bintang tiga.

Kemudian, Brigjen Ujang Darwis dipromosikan menjadi Dirjen Strahan Kemenhan. Dengan begitu, Ujang akan menyandang bintang dua di posisi barunya tersebut.

Saat ini, jabatan itu masih dirangkap Mayjen Bambang Trisnohadi yang juga mengemban Pangdam IX/Udayana. Adapum Mayjen Piek Budyakto digeser dari Staf Ahli Menhan Bidang Ekonomi menjadi Dirjen Pothan Kemehan. Jabatan itu sebelumnya kosong lantaran Mayjen Mohammad Fadjar sudah menduduki Pangdam III/Siliwangi.

Brigjen Jimmy Ramoz Manalu ditunjuk menjadi Kas Kogabwilhan I. Jimmy sebelumnya adalah Dansatintel Bais TNI. Jabatan itu selanjutnya akan diisi Kolonel Inf Mahesa Fitriadi yang sebelumnya Paban V/ Pam Sintel TNI.

Selain itu, jabatan Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau),juga digeser dari Marsma Bambang Juniar Djatmiko kepada Kolonel Pnb Ardi Syahri. Bambag yang baru sebulan menjabat Kadispenau akan menduduki jabatan Danlanud Adi Soemarmo. Adapun Ardi Syahri yang akan mendapatkan pangkat bintang satu, sebelumnya merupakan Danlanud Husein Sastranegara.

× Image