Home > Pertahanan

Pesawat Super Hercules Kelima TNI AU Segera Tiba di Indonesia

Super Hercules sudah terbang dari pabrikan Lockheed Martin, Marietta, dan mendarat di Lanud Halim Perdanakusuma pada 16 Mei 2024.
 Pesawat Super Hercules C-130J TNI AU.
Pesawat Super Hercules C-130J TNI AU.

JAKARTA -- Pesawat Super Hercules C-130J unit kelima untuk TNI AU dalam pengadaan Kementerian Pertahanan (Kemenhan) era Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dijadwalkan tiba di Indonesia pada pertengahan Mei 2024. Pesawat itu merupakan pengiriman terakhir, setelah empat pesawat Super Hercules mendarat mulus di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur pada pertengahan 2023 hingga awal 2024.

Kepala Biro Humas Sekretariat Jenderal Kemenhan, Brigjen Edwin Adrian Sumantha menjelaskan, kedatangan unit terakhir Super Hercules C-130 J untuk TNI AU sudah bisa dipastikan. Hal itu lantaran pesawat angkut kelas berat produksi Boeingsudah diterbangkan menuju Indonesia.

Adapun ferry flight atau pengiriman pesawat Super Hercules nomor ekor A-1342 diawaki oleh Komandan Skadron Udara 31 Letkol Pnb Alfonsus, Mayor Pnb Ulung P, dan Lettu Tek Diky. Mereka sudah bertolak dari Lockheed Martin, Marietta menuju Lanud Halim Perdanakusuma pada Jumat (10/5/2024).

"Pesaway dengan rute penerbangan, Marietta-Monterrey-Honolulu-Marshal Island-Guam dan akan tiba di Halim Perdanakusuma pada 16 Mei 2024," kata Edwin di Jakarta, Ahad (12/5/2024).

Selain itu, Menhan Prabowo juga sudah meneken kontrak pembelian dua unit pesawat Airbus A400M, yang bisa ditambah empat lagi menjadi enam unit. Pesawat angkut itu diperkirakan memperkuat armada TNI AU pada 2026. Selain untuk mengangkut personel dan alutsista pendukung, Super Hercules dan A400 bisa digunakan untuk pengiriman logistik ketika terjadi bencana di suatu daerah di Indonesia.

× Image