Home > Pertahanan

Latihan Cope West 2024 di Malang Berhasil Dituntaskan

Para penerbang Angkatan Udara Pasifik AS dan TNI AU menggelar latihan bersama di Lanud Abdulrachman Saleh.
Danlanud Abdulrachman Saleh Marsma Firman Wirayudha dan Brigjen Angkatan Udara AS Brian S Laidlaw.
Danlanud Abdulrachman Saleh Marsma Firman Wirayudha dan Brigjen Angkatan Udara AS Brian S Laidlaw.

JAKARTA - Para penerbang Angkatan Udara Pasifik AS dan TNI AU menggelar latihan bersama Cope West 2024. Latihan tersebut adalah jenis latihan mobilitas bilateral di Pangkalan Udara (Lanud) Abdulrachman Saleh, Pakis, Kabupaten Malang, Jawa Timur pada 22-26 Juli 2024.

Sekitar 25 penerbang AS berlatih bersama personel TNI AU dalam latihan tersebut. Meskipun abu dari aktivitas Gunung Semeru membatasi kemampuan peserta untuk melakukan latihan taktis yang direncanakan, kedua Angkatan Udara ikut terlibat dalam pertukaran para pakar (SMEE) di bidang keamanan pangkalan, pemeliharaan operasi, dan topik medis seperti kedokteran dirgantara dan evakuasi aeromedis.

"Tahun ini menandai peringatan ke-75 hubungan diplomatik antara Amerika Serikat dan Indonesia, sebuah hubungan yang didasarkan pada komitmen kami bersama terhadap nilai-nilai demokrasi dan pluralisme serta tatanan berbasis aturan. Latihan Cope West memberikan kesempatan berharga bagi Angkatan Udara Pasifik AS dan TNI-AU untuk membangun hubungan ini dan berlatih bersama setiap tahun," ujar Brigjen Angkatan Udara AS Brian S Laidlaw saat upacara penutupan Cope West pada 26 Juli 2024.

"Kami menghargai kesempatan untuk meningkatkan dan memperluas persahabatan dan kemitraan strategis kami, meningkatkan interoperabilitas, dan meningkatkan kemampuan kolektif kami untuk mencapai misi kami sebagai kekuatan Angkatan Udara," ucap Brian menambahkan.

Angkatan Udara Pasifik AS berkoordinasi dengan komponen, sekutu, dan mitra lainnya, membekali Komando Indo-Pasifik AS dengan kemampuan udara, ruang angkasa, dan ruang siber yang tak tertandingi secara terus-menerus. Langkah itu untuk menegakkan tatanan internasional berbasis aturan serta memastikan kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

Cope West merupakan kegiatan rutin yang pertama kali diadakan pada 1989. Tahun ini merupakan penyelenggaraan ke-11 Cope West di Indonesia.

× Image