Home > Pertahanan

Pitch Black 2024, Delegasi TNI AU Raih Lima Penghargaan dari RAAF

Jet F-16 TNI AU berkesempatan melaksanakan air to air refueling (AAR) dengan pesawat tanker KC-30A milik RAAF.
Delegasi TNI AU dalam latihan Pitch Black 2024 di Darwin, Australia. Sumber: Seputarmiliter.id
Delegasi TNI AU dalam latihan Pitch Black 2024 di Darwin, Australia. Sumber: Seputarmiliter.id

DARWIN -- Di pengujung latihan multinasional Pitch Black 2024, delegasi TNI Angkatan Udara berhasil meraih lima penghargaan dari Royal Australian Air Force (RAAF) yang berlangsung di RAAF Base Darwin, Northern Territory, Australia, Kamis (1/8/24).

Penghargaan pertama diberikan kepada delegasi TNI AU dalam kategori Best Frag Drop atas kemampuan dalam menyediakan data, intelijen, dan perencanaan yang baik serta terperinci selama mission planning.

Penghargaan kedua diterima oleh Kapten Pnb Windi 'Lion' Darmawan. Dia diakui atas kepemimpinan dan dedikasinya saat melaksanakan misi sebagai mission commander. Torehan serupa juga diraih oleh Kapten Pnb Marko 'Fawkes' Andersen. Penghargaan ketiga tersebut diberikan atas dedikasi dan kepemimpinannya dalam menjalankan tugas sebagai mission commander.

Peltu Waikun Rokhman menerima penghargaan keempat atas dedikasinya sebagai fuel system inspector selama latihan berlangsung. Sementara itu, Serka Eska Lambang diberikan penghargaan atas pelaksanaan tugas dan pengetahuan yang baik sebagai crew chief sepanjang latihan.

Kelima penghargaan tersebut diserahkan oleh pimpinan latihan Air Maneuver Exercise (AMX) Pitch Black 2024, Air Commodore Peter Robinson kepada para penerima penghargaan dari 20 negara peserta latihan, termasuk Indonesia. Pada hari yang sama, delegasi TNI AU juga berkesempatan mengunjungi hanggar 1 Squadron RAAF untuk melihat pesawat EA-18 Growler secara langsung dan mempelajari lebih lanjut tentang teknologi jet tersebut.

Selain itu, TNI AU juga turut ambil bagian dalam latihan terakhir pada fase large force employment (LFE), dengan skenario defence counter air (DCA). Dalam skenario, blue force yang selama ini berhasil melaksanakan misi penyerangan, harus mempertahankan wilayahnya dari serangan red force yang berusaha merebut kembali wilayah tersebut.

Dalam latihan itu, pesawat F-16 TNI AU juga berkesempatan melaksanakan air to air refueling (AAR) dengan pesawat tanker KC-30A milik RAAF.

× Image