Home > Pertahanan

Mayjen Mohamad Hasan Resmi Jabat Pangkostrad

Hasan menggantikan Letjen Muhammad Saleh Mustafa sebagai Pangkostrad ke-45.
Letjen Muhammad Saleh Mustafa menyerahkan jabatan Panglima Kostrad (Pangkostrad) kepada Mayjen Mohamad Hasan. Sumber:Seputarmiliter.id
Letjen Muhammad Saleh Mustafa menyerahkan jabatan Panglima Kostrad (Pangkostrad) kepada Mayjen Mohamad Hasan. Sumber:Seputarmiliter.id

JAKARTA -- Letjen Muhammad Saleh Mustafa secara resmi menyerahkan jabatan Panglima Kostrad (Pangkostrad) kepada Mayjen Mohamad Hasan. Adapun Hasan dipromosikan menjadi Pangkostrad berdasarkan surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/851/VII/2024 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI tertanggal 24 Juli 2024.

Tiba di Markas Kostrad, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (20/8/2024), Hasan didampingi istri menerima laporan dari Dandenma Kostrad dan pengalungan bunga dari Kaskostrad Mayjen Ilyas Alamsyah.

Setelah itu, Hasan menerima hormat jajar dari regu jaga Makostrad, melaksanakan tradisi dan penciuman pataka, serta penandatatangananan memorandum dan serah terima pasukan maupun alutsista.

Hasan pun mengucapkan rasa syukur dan bangga karena mendapat amanah menjadi Pangkostrad ke-45. Tidak lupa, ia berterima kasih kepada Letjen Saleh atas kepemimpinan, pembinaan dan pengembangan Kostrad.

"Sehubungan dengan amanah yang diberikan oleh pimpinan TNI dan Kepala Staf Angkatan Darat kepada saya sebagai Pangkostrad yang baru, kiranya melalui kesempatan yang baik ini, saya mengharapkan dukungan dari semua unsur Kostrad untuk melaksanakan amanah ini," ujar Hasan.

Adapun Hasan pada 2014 mengemban jabatan Asrena Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) dan pada 2016 mendapat promosi menjadi Komandan Grup A Paspampres. Kariernya menanjak hingga menjadi Komandan Korem 061/Surya Kencana dan Wadanjen Kopassus pada 2019.

Tahun 2020, Hasan dipromosikan menjadi Danjen Kopassus. Pada 2021, ia menduduki kursi Panglima Komando Daerah Militer Iskandar Muda (Pangdam IM), serta menjabat Pangdam Jayakarta merangkap Dankogartap I/Jakarta pada 2023-2024.

Dalam kegiatan itu, turut hadir sejumlah mantan Pangkostrad. Di antaranya, Jenderal (Purn) Wiranto, Letjen (Purn) Tarub, Letjen (Purn) Bibit Waluyo, Letjen (Purn) Erwin Sudjono, Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo, Letjen (Purn) Besar Harto Karyawan, Inspektur Kostrad, Pangdivif 1, 2, dan 3 Kostrad, dan pejabat Kostrad lainnya.

× Image