Home > Pertahanan

Super Garuda Shield 2024 di Puslatpur 5 Marinir Juga Diisi Baksos

Selain personel kesehatan TNI, bakti sosial juga melibatkan personel kesehatan dari US Army, Kanada, Australia, dan Jepang.
Bakti sosial di sela Latgabma Supr Garuda Shield 2024 di Puslatpur 5 Marinir Baluran. Sumber: Seputarmiliter.id
Bakti sosial di sela Latgabma Supr Garuda Shield 2024 di Puslatpur 5 Marinir Baluran. Sumber: Seputarmiliter.id

SITUBONDO -- Latihan Gabungan Bersama (Latgabma) Super Garuda Shield 2024 tidak hanya melulu tentang latihan tempur semata. Latihan militer yang diikuti belasan negara tersebut juga menggelar serbuan teritorial berupa bakti sosial di Pusat Latihan Pertempuran (Puslatpur) Marinir 5 Baluran, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Kamis (5/9/2024).

Komandan Detasemen Kesehatan pada Latgabma Super Garuda Shield 2024 Kolonel Laut (K) Dr drg Sudarmono, Sp. Ort., M.Tr.Opsla mengatakan, bakti sosial yang diadakan merupakan bagian dari Latgabma Super Garuda Shield 2024. Kegiatan itu melibatkan ribuan masyarakat sekitar latihan.

"Bakti sosial yang digelar berupa pengobatan umum dengan menargetkan 500 pasien, sunatan masal 50 pasien dan pembagian sembako berupa kebutuhan pokok sebanyak 1.000 paket," ujar Kolonel Sudarmono.

Uniknya, tentara asing juga dilibatkan untuk berbagi bantuan kepada warga yang membutuhkan. "Selain personel kesehatan TNI, kegiatan bakti sosial ini juga melibatkan personel kesehatan dari US Army, Kanada, Australia, dan Jepang," ucap Sudarmono.

Dalam kesempatan tersebut Dirlat Latgabma Super Garuda Shield 2024 Laksdya Maman Firmansyah bersama Dokter Brigade US Army Letkol Masel dan pejabat lainnya berkesempatan meninjau pelaksanaan kegiatan bakti kesehatan. Warga yang membutuhkan penanganan medis atau sekadar konsultasi, mendapat pelayanan dari dokter militer.

× Image