Home > Nasional

Sosok Jenderal Sutanto yang Memiliki Kedekatan dengan Prabowo

Sutanto merupakan mantan ajudan Presiden Soeharto yang memiliki hubungan baik dengan Prabowo dan Titiek Soeharto.
Jenderal (Purn) Sutanto berdiri di podium posisi paling kanan.
Jenderal (Purn) Sutanto berdiri di podium posisi paling kanan.

JAKARTA -- Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) periode 20025-2008 dan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) periode 2009-2012, Jenderal (Purn) Sutanto belakangan ini, kerap mencuri perhatian. Hal itu lantaran ia mendapat posisi 'istimewa' di acara yang dihadiri Presiden Terpilih sekaligus Menteri Pertahanan (Menhan) Jenderal (Purn) Prabowo Subianto.

Pada peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-72 Komando Pasukan Khusus (Kopassus) di Cijantung, Jakarta Timur, Selasa (30/4/2024), misalnya, Sutanto berdiri di deretan kursi paling depan. Sutanto berada di podium paling kanan berdampingan dengan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto. Prabowo duduk di tengah di samping Jenderal (Purn) Agum Gumelar, KSAD Jenderal Maruli Simanjuntak, dan Danjen Kopassus Mayjen Djon Afriandi.

Tidak hanya itu, Sutanto juga ikut diundang pada upacara Parade Senja dan Halal Bihalal Abiturien Akabri 1971-1975 di kantor Kementerian Pertahanan (Kemenhan), Jakarta Pusat, Sabtu (4/5/2024). Dia duduk satu lingkaran dengan Prabowo yang berada di bagian depan. Dengan mengenakan baret Polri, Sutanto merupakan satu dari sedikit pensiunan Polri yang hadir di acara tersebut.

Kedekatan Sutanto dengan Prabowo sebenarnya bukan hal mengagetkan. Selain karena ia mendukung Prabowo pada Pilpres 2024, Sutanto merupakan peraih Adhi Makayasa Akpol 1973. Sutanto merupakan teman satu angkatan dengan Presiden Jenderal (Purn) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang juga menggenggam Adhi Makayasa Akmil 1973.

Sutanto, Prabowo, dan SBY masuk Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Akabri) pada 1970. Dengan begitu, Sutanto dan Prabowo sebenarnya merupakan rekan satu angkatan di Akabari. Namun, karena masalah teknis, Prabowo baru lulus Akmil 1974 bareng Sjafrie Sjamsoeddin.

Selain itu, kedekatan Sutanto dan Prabowo adalah keduanya merupakan 'bagian Cendana'. Jika Prabowo merupakan menantu maka Sutanto merupakan ajudan Presiden Soeharto pada 1995-1998. Pun selama ini, Sutanto juga menjalin hubungan baik dengan 'istri' Prabowo, Titiek Soeharto. Tidak heran, Prabowo sempat menyebut nama Sutanto dalam daftar tokoh yang berjasa mengantarnya meraih kemenangan Pilpres 2024.

× Image