Home > Pertahanan

Pangkolinlamil dan Pangkoarmada I Sambut Delegasi AL Turki

Kapal TCG Kinaliada (F-514) milik Turki dari Jepang berkunjung ke Jakarta bertemu delegasi TNI AL.
Panglima Kolinlamil Laksda Hudiarto Krisno Utomo bersama Komandan Komando Wilayah Laut Utara Turki Rear Admiral (UH) Rafet Oktar.
Panglima Kolinlamil Laksda Hudiarto Krisno Utomo bersama Komandan Komando Wilayah Laut Utara Turki Rear Admiral (UH) Rafet Oktar.

JAKARTA -- Panglima Kolinlamil Laksda Hudiarto Krisno Utomo mendampingi Panglima Koarmada I Laksda Yoos Suryono Hadi menerima kunjungan kehormatan Komandan Komando Wilayah Laut Utara Turki (Commander Of The Turkish Northern Sea Area Command) Rear Admiral (UH) Rafet Oktar menggunakan Kapal TCG Kinaliada (F-514) pada Jumat (17/5/2024). Kedua belah pihak bertemu di Markas Komando Republik Indonesia, Jalan Gunung Sahari, Jakarta Pusat.

Atase Pertahanan Turki Captain (N) Ilker Bazmas, Komandan TCG Kinaliada (F-514) Commander Serkan Dogan, Kepala Teknisi TCG Kinaliada Major Sukru Tarim, serta para perwira Komando Armada Republik Indonesia ikut hadir dalam pertemuan tersebut. Kegiatan itu merupakan ajang silaturahim untuk memperkenalkan TNI AL kepada Komandan Komando Wilayah Laut Utara Turki.

Laksda Yoos Suryono Hadi mewakili Panglima Koarmada RI Laksdya Denih Hendrata menyampaikan, niatan untuk menpertebal sinergitas antara Indonesia dan Turki, khususnya di bidang Angkatan Laut (AL). Menurut Yoos, hubungan bilateral antara Turki dan Indonesia telah terjalin lama, bahkan terus dikembangkan. Dia menyebut, selama ini, hubungan kerja sama antara Turki dan Indonesia sebagian besar di bidang ekonomi.

"Perlu saya sampaikan bahwa potensi militer Turki sangat besar dan juga Indonesia sendiri yang terus melakukan pengembangan di bidang militer serta melakukan beberapa pengembangan di bidang militer. Sejak Februari 2022 Angkatan Laut Indonesia telah mendirikan Komando Armada Republik Indonesia yang mempunyai tanggung jawab untuk mengembangkan dan mengoperasikan kapal perang TNI Angkatan Laut serta kesiapannya di seluruh wilayah Indonesia," kata Yoos dikutip di Jakarta, Senin (20/5/2024).

Adapun Laksda Hudiarto Krisno Utomo menyampaikan, harapannya agar kunjungan yang dilakukan AL Turki bisa terus dilaksanakan ke depannya, untuk mempererat hubungan yang sudah terjalin. "Sehingga stabilitas negara dan keamanan maritim regional dapat tercipta dan hubungan yang telah terjalin semakin kuat dan terus meningkat," ucap Krisno.

Dikutip dari akun Kemenhan Turki, kapal TCG Kinaliada melanjutkan pelayarannya dari Jepang, menuju Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara pada 17-19 Mei 2024. AL Turki mengaku senang mendapat sambutan upacara yang diadakan TNI AL di Pelabuhan Tanjung Priok.

"Komandan Wilayah Laut Utara Tuma menghadiri kunjungan pelabuhan tersebut. Rafet Oktar juga berpartisipasi. Sebagai bagian dari kunjungan tersebut, staf kami melakukan kunjungan kantor ke Wali Kota Jakarta Utara, Panglima Armada I Indonesia, Komandan Angkutan Laut Indonesia, dan Wakil Komandan Armada Indonesia," demikian keterangan tersebut.

× Image