Home > Pertahanan

Dua Kapal Cepat Rudal Produksi PT PAL Sukses Ikuti Latma Carat 2024

Dua armada TNI AL, yaitu KRI Semarang-594 dan KRI Kerambit-624 sukses mengikuti latihan bersama dengan USMC.
Dua kapal perang TNI AL mengikuti Latma Carat 2024. Sumber: Dispenal
Dua kapal perang TNI AL mengikuti Latma Carat 2024. Sumber: Dispenal

SURABAYA -- Sejumlah kapal peran TNI AL mampu unjuk gigi dalam gelaran latihan bersama Latma Carat 2024. Latihan bersama tersebut melibatkan armada TNI AL dan United State Marine Corps (USMC) di Teluk Ratai dan Piabung, Provinsi Lampung pada 14-15 Mei 2024. Dalam ajang latihan bersama tersebut, tak ketinggalan beberapa kapal produksi PT PAL Indonesia juga terlibat, seperti KRI Semarang-594 dan KRI Kerambit-624.

Berfokus pada kapal kombatan andalan jenis kapal cepat rudal (KCR), KRI Kerambit-624 produksi PT PAL Indonesia yang memiliki panjang 60 meter merupakan bukti utuh kemahiran engineer Indonesia dalam membangun kapal perang. Dimulai dari penguasaan design engineering, kapabilitas dalam proses pembangunan hingga mampu melakukan integrasi sistem di kapal termasuk sistem persenjataan.

Tidak hanya KRI Kerambit-624, sebelumnya dua unit KCR 60 meter, yaitu KRI Halasan-630 dan KRI Kapak-625 turut menuai pencapaian yang luar biasa, yakni sukses melakukan penembakan rudal khusus. Ketiganya memiliki kesamaan persenjataan yakni mengusung meriam 57 mm, rudal permukaan Exocet MM40 Block 3, dan auxiliary gun 20 mm yang keseluruhannya telah terintegrasi dengan baik pada platform kapal.

"Integrasi senjata yang tepat menjadi kunci dalam meningkatkan kemampuan operasional kapal perang. Ketidakakuratan dalam sistem penargetan dan pengendalian senjata dapat mengakibatkan berbagai masalah serius, termasuk kegagalan dalam peluncuran senjata dan berpotensi mengurangi efektivitas kapal perang dalam pertempuran," ucap engineer PT PAL, Joza Emerald saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu (22/5/2024).

Dalam siaran pers, Panglima Koarmada (Pangkoarmada) I, Laksda Yoos Suryono Hadi selaku komandan upacara saat pembukaan Latma Carat 2024 menyebutkan, latihan bersama yang digelar di sekitar teluk Ratai dan Piabung, dilaksanakan guna meningkatkan kerja sama kedua negara. Selain itu, juga untuk membangun persahabatan bilateral antardua negara serta mewujudkan personel TNI yang profesional, modern, dan tangguh.

Sederet keberhasilan teknis yang mampu dicapai oleh produk-produk KCR 60 m besutan engineer PT PAL Indonesia, menjadi tolak ukur akan kemampuan Indonesia dalam penguasaan teknis alutsista matra laut. PT PAL Indonesia pun berkomitmen untuk terus memperkuat pertahanan negara dengan inovasi dan dedikasi tanpa henti.

× Image