Home > Nasional

Kepala Bakamla Dorong Terbentuknya ASEAN Coast Guard

Kepala Bakamla RI Laksdya Irvansyah menjadi pembicara dalam Shangri-La Dialogue ke-21 di Singapura, Ahad (2/6/2024).
Kepala Bakamla RI Laksdya Irvansyah.
Kepala Bakamla RI Laksdya Irvansyah.

SINGAPURA -- Kepala Bakamla RI Laksdya Irvansyah menjadi pembicara dalam Shangri-La Dialogue ke-21 di Singapura, Ahad (2/6/2024). Irvansyah duduk bersama Komandan US Goast Guard Laksamana Linda Fagan, Komandan Phillipines Coast Guard Laksamana Ronnie Gavan, dan Komandan Vietnam Coast Guard Mayjen Le Quang Dao.

Irvansyah menyampaikan pencapaian Bakamla RI dalam menjalankan tugas sebagai coast guard Indonesia. Menurut dia, pentingnya kolaborasi dan perkembangan positif ke arah terbentuknya ASEAN Coast Guard.

Adapun Laksamana Fagan menyampaikan semakin meluasnya dan pentingnya keberadaan lembaga coast guard dihadapkan pada tantangan rules based world. Adapun Laksamana Gavan dalam penyampaiannya menjelaskan tantangan yang dihadapi Phillipines Coast Guard dalam menghadapi situasi di Laut Cina Selatan.

Sementara itu, Mayjen Le Quang Dao menyampaikan implementasi dari kerja sama yang telah dilakukan di kawasan ini terkait keamanan laut. Sesi terkait coast guard tersebut cukup menarik perhatian ditandai dengan penuhnya peserta yang hadir dan turut memberikan masukan dan tanggapan.

× Image