Home > Pertahanan

Pangkoopsudnas Ikut Terbang dan Bermanuver Bersama Jet Rafale

Jet Rafale 30-FZ terbang selama 1 jam 20 menit juga melaksanakan simulasi exercise air refueling.
Pangkoopsudnas Marsdya Tedi Rizalihadi S di kursi kedua jet Rafale 30-FZ.
Pangkoopsudnas Marsdya Tedi Rizalihadi S di kursi kedua jet Rafale 30-FZ.

JAKARTA -- Panglima Komando Operasi Udara Nasional (Pangkoopsudnas) Marsdya Tedi Rizalihadi S berkesempatan menjajal kecanggihan pesawat tempur Prancis, Rafale. Terbang backseat bersama pilot French Air and Space Force (Angkatan Udara Prancis) Capt Braam Gouda, Tedi melaksanakan rute terbang dari Lanud Halim Perdanakusuma ke area latihan Pelabuhan Ratu Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, dan kembali ke Lanud Halim Perdanakusuma, Kamis (25/7/2024).

Jet Rafale 30-FZ melesat membawa Tedy selama lebih kurang 1 jam 20 menit. Dalam penerbangan tersebut, Tedy melaksanakan beberapa manuver, termasuk simulasi exercise air refueling.

Penerbangan kali ini merupakan bagian dari misi Pegase 2024 yang digelar FASF bersama TNI AU di Lanud Halim Perdanakusuma pada 20-27 Juli 2024. Dalam misi Pegase 2024, TNI AU dan FASF, bertukar pengetahuan dan pengalaman yang mencakup kegiatan subject matter expert exchange (SMEE) dan air to air refueling.

Dalam misi Pegase 2024, FASF juga menyertakan pesawat angkut multirole Airbus A400M. Pesawat angkut yang juga akan diakuisisi TNI AU tersebut melaksanakan joy flight dengan mengangkut sejumlah pejabat Makoopsudnas.

× Image