Home > Pertahanan

Panglima TNI Bertemu Panglima Angkatan Bersenjata UEA Bahas Gaza

Personel TNI dan militer UEA direncanakan menggelar latihan bersama di Indonesia.
Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto bertemu Panglima Angkatan Bersenjata Uni Emirat Arab (UEA) Letjen Eisa Saif Bin Ablan Almazrouei di kantor Kemenhan UEA, Abu Dhabi, Jumat (2/8/24).
Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto bertemu Panglima Angkatan Bersenjata Uni Emirat Arab (UEA) Letjen Eisa Saif Bin Ablan Almazrouei di kantor Kemenhan UEA, Abu Dhabi, Jumat (2/8/24).

ABU DHABI -- Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto bertemu Panglima Angkatan Bersenjata Uni Emirat Arab (UEA) Letnan Jenderal Eisa Saif Bin Ablan Almazrouei, di kantor Kementerian Pertahanan (Kemenhan) UEA, Abu Dhabi, Jumat (2/8/2024). Dalam pertemuannya dengan orang nomor satu di militer UEA, Jenderal Agus menyampaikan rasa bangganya melihat kemajuan kerja sama bilateral antara TNI dan Angkatan Bersenjata UEA.

Letjen Eisa juga mengucapkan terima kasih kepada kepada Jenderal Agus atas kunjungannya tersebut. Dia berharap kerja sama antar dua negara dapat terus ditingkatkan. Kepada Jenderal Agus, Letjen Eisa menyampaikan tentang pelatihan dengan TNI AL dan kesiapan tenaga kesehatan yang akan membantu di UEA dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan terhadap korban perang di Gaza, Palestina.

"Kami sangat mengharapkan kerjasama dengan TNI dapat terus ditingkatkan. Concern kami ada dua hal, yaitu terkait latihan dengan kedua Angkatan Laut dan kesiapan Tenaga Kesehatan yang akan diperbantukan di Kapal Rumah Sakit UEA yang berada di El Arish, Mesir," ucap Letjen Eisa.

Adapun Jenderal Agus mengaku, ingin merealisasikan rencana latihan bersama antara TNI dan militer UEA yang sebelumnya telah dilaksanakan peninjauan daerah latihan militer milik TNI oleh beberapa delegasi perwira UEA yang berkunjung ke Indonesia. "Saya berharap ke depan, Pihak UEA juga dapat mengijinkan pihak TNI untuk dapat berkunjung dan melaksanakan kegiatan site survey di daerah latihan militer di UEA," ujar mantan KSAD tersebut.

Menurut dia, latihan bersama militer kedua negara bisa meningkatkan hubungan antara RI dan UEA. "Hal ini merupakan upaya untuk mempertahankan kemitraan strategis yang telah terjalin baik dengan UEA dan juga akan berdampak positif terhadap kepentingan ekonomi nasional," ucap Jenderal Agus.

× Image