Home > Nasional

Unhan Mewisuda 425 Mahasiswa dari Diploma Hingga Doktor

Lulusan Unhan diprioritaskan melanjutkan pendidikan lebih tinggi melalui program beasiswa LPDP.
Menhan Prabowo Subianto memberikan selamat kepada mahasiswa terbaik di masing-masing program studi. Sumber: Seputar Militer
Menhan Prabowo Subianto memberikan selamat kepada mahasiswa terbaik di masing-masing program studi. Sumber: Seputar Militer

BOGOR -- Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menghadiri wisuda 425 mahasiswa Universitas Pertahanan (Unhan) RI mulai program pendidikan diploma (D3), sarjana (S1), magister (S2), dan doktor (S3) tahun akademik 2024. Prosesi wisuda berlangsung di Gedung Aula Merah Putih (AMP), Kampus Utama Unhan RI, Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (24/8/2024).

"Ini tahap awal, perjalanmu masih panjang. Perjalananmu harus menjadi pengabdian. Perjalananmu berbakti kepada Tanah Air dan orang tua," kata Prabowo dalam pidatonya.

Prabowo juga berkeinginan agar sumber daya manusia (SDM) di Indonesia berkualitas dan dapat memberikan manfaat untuk kemajuan bangsa Indonesia. "Kita harus bersatu memberi yang terbaik. Untuk para profesor dan ahli-ahli harus cari benih-benih terbaik, terobosan-terobosan terbaik untuk kemajuan bangsa Indonesia," ucap Prabowo.

Pelaksana Tugas (Plt) Rektor Unhan RI Letjen (Purn) Jonni Mahroza memberikan penekanan keada kualitas akademik dan ketekunan para mahasiswa. Jonni pun mengapresiasi kerja keras para dosen dan staf akademik yang telah berperan penting dalam pencapaian hingga saat ini.

Unhan RI memiliki 12 program studi sarjana (S1) dan tujuh diploma (D3) yang difokuskan pada pengembangan kompetensi di bidang science, technology, engineering, and mathematics (STEM). Lulusan tersebut diprioritaskan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi melalui program beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) di perguruan tinggi terkemuka dunia.

Kemenhan RI juga menargetkan terciptanya perwira TNI berlatar belakang S2 dan S3 yang menguasai teknologi kritis. Hal itu dilakukan guna menghadapi dinamika global yang terus berkembang dalam empat sampai lima tahun mendatang.

Pada kesempatan itu, Prabowo memberikan penghargaan khusus kepada para lulusan terbaik dari masing-masing program. Antara lain, program doktor dirah Edhita Praditya dengan IPK 3,97 dianugerahi predikat Magna Cumlaude. Program magister didapatkan Hanny Galih Satrio dan Muhamad Azhar dengan IPK 3,93, meraih predikat sangat Mmmuaskan.

Program Sarjana yaitu Alfiano Deni Kusuma dari Fakultas Sains dan Teknologi Pertahanan dengan IPK 3,98 dan Riyanti Putri dari Fakultas MIPA Militer dengan IPK 3,97. Keduanya menerima predikat dengan pujian. Untuk Diploma direbut Sejati Pratama dari Prodi Budidaya Ternak dengan IPK 3,99, yang mendapat predikat dengan pujian.

× Image