Home > Pertahanan

Tiga Jet F-16 Lanud Roesmin Nurjadin Diterbangkan ke Jakarta

Tiga pesawat tempur F-16 Fighting Falcon dari Skadron Udara 16 Wing Udara 6 akan ambil bagian pada HUT TNI di Monas.
Pesawat tempur F-16 TNI AU. Sumber: Seputarmiliter.id
Pesawat tempur F-16 TNI AU. Sumber: Seputarmiliter.id

JAKARTA -- Tiga pesawat tempur F-16 Fighting Falcon dari Skadron Udara 16 Wing Udara 6 Lanud Roesmin Nurjadin berangkat menuju Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur pada Rabu (25/9/2024). Penerbangan tersebut merupakan bagian dari persiapan untuk misi demo udara dalam rangka memperingati HUT ke-79 TNI yang akan digelar di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat pada Sabtu (5/9/2024).

Keberangkatan Skadron Udara 16 terbagi dalam tiga flight, yakni Rydder Flight, Excel Flight, dan Valiant Flight. Keberangkatan dipimpin langsung oleh Komandan Skadron Udara 16, Mayor Pnb Anugrah Gigih 'Badger' Pratama. Setiap flight membawa misi penting dalam menunjukkan keunggulan dan kesiapan tempur TNI AU di udara, sebagai bagian dari perayaan HUT TNI 2024.

Selain para penerbang, tim pendukung Skadron Udara 16 juga ikut diberangkatkan. Mereka terdiri teknisi, personel pendukung, serta peralatan logistik yang diangkut menggunakan pesawat C-130 Hercules. Dukungan logistik itu krusial untuk memastikan kesiapan maksimal dalam demo udara yang akan ditampilkan di Jakarta.

Komandan Lanud Roesmin Nurjadin, Marsma Feri Yunaldi berpesan kepada seluruh personel yang akan melaksanakan misi, pentingnya menjaga performa terbaik tanpa mengabaikan faktor keselamatan. "Tampilkan yang terbaik di Monas, tetapi selalu ingat, safety di atas segalanya," ujar Feri memotivasi anggotanya.

Feri juga mengingatkan, tantangan dalam demo udara kali ini akan lebih kompleks karena adanya berbagai hambatan, seperti gedung tinggi di Jakarta serta banyaknya pergerakan pesawat lain dalam rangkaian acara peringatan HUT TNI. "Tetap waspada, ingatkan satu sama lain, dan pastikan keselamatan diutamakan dalam setiap manuver," ujarnya.

Keberangkatan Skadron Udara 16 ini disambut penuh semangat oleh seluruh personel di Lanud Roesmin Nurjadin, sekaligus sebagai wujud kesiapan TNI AU dalam memeriahkan peringatan 79 tahun pengabdian TNI untuk bangsa dan negara.

× Image