Home > Pertahanan

KSAL Sematkan Brevet Kehormatan Hiu Kencana kepada Wapres

Penyematan brevet ditujukan kepada seluruh pejabat negara yang pernah berjasa membangun kekuatan TNI AL.
KSAL Laksamana Muhammad Ali menyematkan Brevet Kehormatan Hiu Kencana. Sumber: Republika.co.id
KSAL Laksamana Muhammad Ali menyematkan Brevet Kehormatan Hiu Kencana. Sumber: Republika.co.id

JAKARTA -- Wakil Presiden (Wapres) RI Prof KH Ma'ruf Amin menerima Brevet Kehormatan Hiu Kencana yang disematkan langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muhammad Ali di Istana Wakil Presiden, Jakarta Pusat, Selasa (15/10/2024). Brevet Kehormatan Hiu Kencana merupakan salah satu bentuk penghormatan dan penghargaan TNI AL, khususnya Satuan Kapal Selam.

Brevet itu hanya diberikan kepada tokoh, warga, maupun prajurit di jajaran TNI yang telah berjasa serta memberikan perhatian dan perjuangan bagi TNI AL. Penyematan yang diberikan kepada RI 2 dilatarbelakangi banyaknya bantuan yang tak terhingga kepada TNI, khususnya TNI AL, terlebih Satuan Kapal Selam dalam meningkatkan dan membangun kekuatan dari armada kapal selam.

Di hadapan awak media, Laksamana Ali menyatakan, penyematan brevet ditujukan kepada seluruh pejabat negara yang pernah berjasa membangun kekuatan TNI AL, khususnya membangun keluarga besar Hiu Kencana. Dia menyebut, presiden dan wapres telah banyak meninjau dan memerhatikan perkembangan kekuatan kapal selam yang dimiliki TNI AL.

"Apa yang diterima oleh Wapres sama dengan presiden yang telah mendapatkan Brevet Kehormatan Hiu Kencana, ini dikarenakan Bapak Wapres sangat concern terhadap pembangunan kapal selam dalam segala aspek yang meliputi personel maupun alutsista," ujar Ali.

Karena itu, ia menilai layak Wapres Ma'ruf mendapatkan brevet. "Dan inilah yang menjadikan kita menghargai jasa beliau yang telah membangun TNI AL dan juga keluarga Hiu Kencana yang meliputi para awak serta keluarga prajurit," ujar Ali.

× Image