Home > Pertahanan

Dua Mantan Ajudan Presiden Jokowi Jabat Pangdam

Mayjen Deddy Suryadi menjabat Pangdam IV/Diponegoro dan Mayjen Mohammad Fadjar menjadi Pangdam III/Siliwangi.
Danjen Kopassus Mayjen Deddy Suryadi bersalaman dengan Menhan Prabowo Subianto. Mayjen Deddy kini promosi sebagai Pangdam IV/Diponegoro.
Danjen Kopassus Mayjen Deddy Suryadi bersalaman dengan Menhan Prabowo Subianto. Mayjen Deddy kini promosi sebagai Pangdam IV/Diponegoro.

JAKARTA -- Sejumlah posisi strategis di Tentara Nasional Indonesia (TNI) tiga matra mengalami pergeseran. Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto merotasi dan mutasi sejumlah jabatan di lingkungan TNI. Rotasi dan mutasi itu berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/216/II/2024 tanggal 21 Februari 2024 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan TNI.

"Telah resmi ditetapkan mutasi dan promosi jabatan 38 pati (perwira tinggi) TNI terdiri dari 28 pati TNI AD, tiga pati TNI AL, dan tujuh Pati TNI AU," ujar Kapuspen TNI Mayjen Nugraha Gumilar dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (21/2/2024).

Ada dua eks ajudan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mendapat promosi menjadi panglima kodam (pangdam). Keduanya adalah Mayjen Deddy Suryadi dari Danjen Kopassus promosi menjabat Pangdam IV/Diponegoro dan Mayjen Mohammad Fadjar dari Dirjen Pothan Kemenhan menjadi Pangdam III/Siliwangi.

Adapun posisi Danjen Kopassus akan diduduki Brigjen TNI Djon Afriandi yang sebelumnya menjabat Staf Khusus KSAD. Adapun Dirjen Pothan Kemenhan sementara dikosongkan atau belum ada penggantinya.

Untuk diketahui, Mayjen Mohammad Fadjar menjadi ajudan Presiden Jokowi periode 2016-2017 dan Mayjen Deddy Suryadi menjadi ajudan Presiden Jokowi pada 2017-2019. Keduanya sama-sama dari kesatuan baret merah dan korps infanteri.

× Image