Home > Umum

Survei Poltracking: UAS Pendakwah Paling Disukai di Indonesia

Posisi UAS disusul Gus Miftah, Gus Mustofa Bisri, dan Gus Baha.
Poltracking Indonesia merilis pendakwah paling disukai di Indonesia.

JAKARTA -- Ustadz Abdul Somad (UAS) menjadi pendakwah paling populer di Indonesia. Hal itu tertuang dalam survei nasional yang dilakukan oleh Poltracking Indonesia. Lembaga survei pimpinan Hanta Yudha AR tersebut melakukan survei kepada 1.220 responden pada periode 16-22 Mei 2022 dan hasilnya terdapat 13 pendakwah yang menempati urutan teratas.

Ulama yang pernah ditolak masuk Singapura, yaitu UAS menempati urutan pertama sebagai penceramah yang paling disukai publik Indonesia dengan 13,9 persen. Posisi kedua sampai keempat ditempat Gus Miftah dengan 9,4 persen, Gus Mustofa Bisri 7,2 persen, dan Gus Bahauin Nur Salim 5,6 persen.

Posisi berikutnya ditempati penceramah asal Bandung Aa Gym degan 5,4 persen, Mamah Dedeh 4,3 persen, dan Habib Ja'far 4,0 persen. Pendakwah asal Banda Aceh Hanan Attaki menduduki urutan ke-delapan dengan raihan 2,6 persen, disusul Ustadz Adi Hidayat (UAH) 1,9 persen, serta Ustadz Solmed 1,8 persen. Ustadz Maulana meraih 1,7 persen, Ustadz Das'ad Latif 1,4 persen, dan Ustadzah Oki Setiana Dewi menempati urutan ke-12 dengan 1,3 persen.

Adapun respon yang menjawab pendakwah lainnya mencapai 2,9 persen serta menjawab tidak tahu atau malah tidak mau menjawab mencapai 36,6 persen.

× Image